SELAMAT DATANG DI http://www.sekayaminfo.blogspot.co.id "INFO MENARIK SEPUTAR SEKAYAM DAN SEKITARNYA ADA DISINI, SELAMAT MEMBACA...!" jangan lupa juga Follow akun kami di IG:@Sekayaminfo, Twitter:@SekayamInfo, Grup Fb: Sekayam Info Terima Kasih

Senin, 12 Maret 2012

Asal mula nama Balai Karangan



Asal mula nama Balai karangan

  
Apakah anda pernah mendengar nama Balai karangan? Dan apakah anda tau Asal muasal nama Balai karangan ?

Balai karangan adalah nama sebuah kota desa di kec.sekayam kab.Sanggau! Balai Karangan ini bertatap lansung dengan Negara tetangga yakni Malaysia yang hanya dibatasi dengan pegunungan.

Ada bermacam-macam Versi mengenai asal muasal nama balai karangan, Namun setelah dicari dari berbagai sumber,Baik itu dari tokoh agama,pemuka adat, orang –orang tua,internet,media maupun cerita rakyat. Ada satu versi yang dimana menurut kami sangat kuat kebenaraanya.

Pada masa kerajaan Sanggau dahulu didirikan sebuah Penebahan - penembahan Disetiap daerah – daerah tertentu seperti di Tayan,meliau,sekadau dan balai karangan. Raja mendirikan penembahan itu Guna untuk mempermudah mengontrol Rakyatnya. Tempat itu rutin dikunjungi oleh raja guna melakukan pertemuan di balai-balai pertemuan yang dibuatnya di setiap daerah.

Dari balai pertemuan inilah melatar belakangi nama Balai tersebut, sedangkan “karangan” itu sendiri diambil dari nama sungai yang ada di balai karangan.ada versi lain menyebutkan kalau nama karangan itu sendiri diambil dari bebatuan karang yang terhampar dibelakang balai pertemuan itu.(NZL_C)



7 komentar:

  1. Salam persahabatan Indonesia,!
    Kami trader gaharu seluruh Indonesia.Posisis Jakarta.Baru-baru ini, kami mendapat pengalaman yang kurang enak. Ceritanya begini,:
    Ada seseorang mengaku sebagai calon pembeli, mereka minta foto brg, gambar dsb.keliatanya cocok dan minat sama barang kami. Akhirnya transaksi disepakati di Ponty.pada hari tgl dan waktu yg disepakati.Tiba-tiba keesokan paginya , tanpa pemberitahuan sebelumnya, mereka menggeser dan mengubah tempat transaksi ke Balai karangan!

    Hotel Tawfiq, Balai karangan.
    Saya coba cari info situasi, sebelum menuruti permintaan calon buyer yang belum saya kenal itu.dari beberpa teman yang cukup berpengalaman, disimpulkan bahawa ini adalah salah satu modus penipuan.
    Pernah terjadi kasus sebelumnya, dimana penjual di rampas dan diambil barangnya, oleh calon pembeli mengaklu dari Malaysia, dan transaksi di balai Karangan.

    Mohon bantuan rekan dan teman untuk lebih waspada dan peduli lingkungan

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf bos! setau saya di Balai karangan, tidak ada yg namanya Hotel Tawfiq.

      Hapus
    2. Terus sikorban/sipenjual gaharu yg kena tipu itu dibunuh ndak dul..?klo emg sipelaku penipuan itu anak balai,aturannya udh mati tu org,mayatnya udh dikarungin kebawah jembatan,klo msih hidup si korban brarti bukan anak balai penipunya .. krn setahu saya anak2 balai itu brutal klo mreka merasa disakiti/ditipu duluan,jd fikir dlu baik2 dul pakai otak manusia klo berurusan sma anak balai,ndak perduli siapa kau..seandainya pun itu pelakunya anak balai,sya rasa mngkin anak balai itu merasa di sakiti/ditipu duluan,karena hutan gaharu mreka habis di garap babi2 kurap pakai otak anjing ceking korengan yg kelaparan..itu sudah jelas ilegal .. jd gtu dul mnurut sya.

      Hapus
    3. Terus sikorban/sipenjual gaharu yg kena tipu itu dibunuh ndak dul..?klo emg sipelaku penipuan itu anak balai,aturannya udh mati tu org,mayatnya udh dikarungin kebawah jembatan,klo msih hidup si korban brarti bukan anak balai penipunya .. krn setahu saya anak2 balai itu brutal klo mreka merasa disakiti/ditipu duluan,jd fikir dlu baik2 dul pakai otak manusia klo berurusan sma anak balai,ndak perduli siapa kau..seandainya pun itu pelakunya anak balai,sya rasa mngkin anak balai itu merasa di sakiti/ditipu duluan,karena hutan gaharu mreka habis di garap babi2 kurap pakai otak anjing ceking korengan yg kelaparan..itu sudah jelas ilegal .. jd gtu dul mnurut sya.

      Hapus
  2. Penembahan balai karangan...secara hirarki kekuasaan politik tidak brnaung secara devacto ke kerajaan sangau (sanggau).balai karangan merupakan wilayah kekuasaan kesultanan brunai,ada sebuah alaur sejarah yang terpotong maaf...sangau untuk sangau..balai untuk balai

    BalasHapus
  3. Adi trisula,,kalau tak tau sejarah jangan sembarangan bacot..sok tau lu

    BalasHapus