SELAMAT DATANG DI http://www.sekayaminfo.blogspot.co.id "INFO MENARIK SEPUTAR SEKAYAM DAN SEKITARNYA ADA DISINI, SELAMAT MEMBACA...!" jangan lupa juga Follow akun kami di IG:@Sekayaminfo, Twitter:@SekayamInfo, Grup Fb: Sekayam Info Terima Kasih

Sabtu, 08 Maret 2014

Anak perbatasan, bolehkah sekolah tinggi?


Berbicara tentang pendidikan di indonesia tidak terlepas dari
problematika yang beragam. Jika kita lihat sekilas Republik Indonesia adalah negara kepulauan terbesar didunia. yang terbentang luas. Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang kaya sumber daya alam dan kaya akan budaya. Namun permasalahan terbesar dan utama pada masyarakat diindonesia adalah kemiskinan. Indonesia mempunyai perhatian besar terhadap terciptanya masyarakat yang adil dan makmur sebagai mana termuat dalam alenia ke-4 UUD 1945. Problem pembangunan yang dilaksanakan selama ini juga selalu memberikan perhartian besar terhadap upaya pengentasan kemiskinan. pada dasarnya pembangunan yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, namun pada kenyataannya belum ada perubahan yang lebih baik terjadi.
Orang kaya makin kaya, dan si miskin terus berkutat dalam kemiskinanya. Dibeberapa wilayah perbatasan khusus di daerah yang terisolir dari jalur transportasi ibukota kabupaten dan kecamatan seperti diwilayah pedalaman perbatasan entikong, rakyat miskin masih sangat banyak. Daerah perbatasan yang masih tertinggal,tingkat kehidupan dan pendidikan pada umumnya masih rendah, hal inilah memyebabkan rakyatnya miskin. Kondisi ini terjadi diwilayah perbatasan perdsalaman entikong, hal ini dilihat dari tingginya jumlah keluarga miskin serta kesenjangan sosial ekonomi derngtan masyarakat diwilayah masyarakat perbartasan negara malaysia lalu, apakah bangku pendidikan tinggi masih ada untuk mereka? boro-boro pendidikan tingggi,menengah bahkan pendidikan dasar saja mereka banyak yang tidak tamat. Adilkah ini untuk mereka, sementara di negara sebelah sistem pendidikanya sanagat bagus.
dalam teks pembukaan UUD'45 tertulis jelas bahwa negara berperan "mencerdaskan kehidupan Bangsa". Apakah pendidikan di Indonesai sudah merata? permasalahan utama masyarakat di pedalaman perbatasan entikong adalah infrastruktur. Kesejahteraan masyarakat diperbatasan tergantung daripada infrastruktur didaerah tersebuit. lalu bagaimana,pemerintah dapat memenuhi kebutuhan pendidikan yang akan membantu masyarakat dalam meningkatkan SDM, Sementara tidak ada Aksesibilitas infrastruktur yang baik.


Sumber:
artikel ini dari koran Pontianak post| jumat 7 03 2014
hal 11 oleh Nikodemus Niko. mahasiswa sosiologi Untan

Photo: KKM PPL STKIP PTK 2013/14 Sekayam-Entikong

Tidak ada komentar:

Posting Komentar