SELAMAT DATANG DI http://www.sekayaminfo.blogspot.co.id "INFO MENARIK SEPUTAR SEKAYAM DAN SEKITARNYA ADA DISINI, SELAMAT MEMBACA...!" jangan lupa juga Follow akun kami di IG:@Sekayaminfo, Twitter:@SekayamInfo, Grup Fb: Sekayam Info Terima Kasih

Sabtu, 14 Juni 2014

Bunga Bangkai di Sekitar Kita



Bunga bangkai (Amorphophallus) dikenal sebagai tumbuhan dengan bunga yang besar.  Nama bunga bangkai diberi berasal dari
bunganya karena bunga tumbuhan  ini memiliki bau seperti bangkai  yang membusuk, hal ini bertujuan untuk mengundang kumbang untuk proses penyerbukan pada bunga.
Banyak orang menyamakan antara bunga bangkai dan bunga Raflesia meski keduanya memiliki ukuran yang besar serta mengeluarkan aroma yang berbau busuk namun secara morfologi Raflesia dan bunga bangkai memiliki bentuk yang berbeda.
Bunga bangkai merupakan salah satu tumbuhan langka yang susah ditemukan. Beberapa bunga bangkai dikenal endemik pulau Sumatera, meski demikian ternyata bunga bangkai dapat dijumpai di Kalimantan Barat. Tepatnya di dusun Entinuh, desa Balai Karangan kecamatan Sekayam Kabupaten Sanggau.  Hal ini merupakan suatu peristiwa yang jarang terjadi. Tinggi bunga yang ditemui di dusun Entinuh ini sekitar 50 cm.
Bunga ini hanya mekar sekitar 1 minggu dengan demikian menemukan bunga yang sedang mekar juga merupakan hal yang jarang terjadi.
Keberadaan tumbuhan ini perlu mendapat perhatian dan sosialisasi kepada masyarakat agar kelestarian tumbuhan ini dapat terjaga dengan baik.

(Riki Andika, Sandy Kurniawan, Irawati, Julianus Alpandi, Khairunnisa Febriani – Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura)
fhoto: siti puspitasari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar